Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Tanahdatar dan Agam, Sumatra Barat, kembali meletus

adminDiposting oleh Johan J-Lita dateKamis, 06 Oktober 2011


Bukittinggi : Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Tanahdatar dan Agam, Sumatra Barat, meletus lagi, Jumat (7/10). Tak lama setelah letusan, gunung mengeluarkan asap hitam disertai abu vulkanik. Letusan dari gunung terdengar jelas sehingga membuat sejumlah warga di Sungaipuar, Kabupaten Agam, yang tinggal di bawah kaki gunung keluar rumah.

Asap hitam disertai abu vulkanik membumbung tinggi setinggi 200-500 meter dari dasar kawah. Setelah lebih 10 menit gunung mengeluarkan asap hitam dan abu vulkanik, lalu keluar asap putih sekitar 5 menit.

Gunung berketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, mengalami peningkatan aktivitas sejak 3 Agustus lalu. Salah satu gunung aktif di Sumbar ini sempat mengeluarkan abu vulkanik berbau belerang berketinggian 1.000 meter dan menjangkau sejumlah daerah di Sumbar, seperti Agam, Tanahdatar, Padangpariaman, dan Padangpanjang.

Petugas Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (BGPVMB) Bukittinggi Warseno mengatakan pihaknya masih menetapkan status waspada level II. Dengan status itu pihaknya melarang pendakian lebih dari tiga kilometer dari puncak.



Sumber : Liputan6.com
Jika sobat merasa artikel Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Tanahdatar dan Agam, Sumatra Barat, kembali meletus ini bermanfaat, silahkan Copas artikel ini, tetapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya seperti ini : Source:http://sekit.blogspot.com/2011/10/gunung-marapi-yang-berada-di-kabupaten.html.Saya lebih berterimakasih lagi jika sobat mau mencantumkan link hidup seperti ini : Source: http://sekit.blogspot.com/2011/10/gunung-marapi-yang-berada-di-kabupaten.html.Mohon dimengerti agar maraknya copas tanpa link sumber mereda, terima kasih.

0 komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar